Bisnis Menjanjikan, Berikut Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah yang Patut Dicoba!

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Seperti jenis jamur tiram yang termasuk mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, dan rasanya pun lezat. Selain mudah dalam pengolahannya, jamur tiram juga cukup mudah dibudidayakan. Berikut cara budidaya jamur tiram di rumah sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram

  1. Menyiapkan Bibit

Langkah pertama dalam budidaya jamur tiram yaitu menyiapkan bibitnya. Langkah ini penting untuk diperhatikan, karena bibit yang baik bisa menjadi kunci keberhasilan anda dalam budidaya jamur. Untuk itu, sebaiknya anda membeli bibit dari petani yang sudah mempunyai pengalaman.

  1. Menyiapkan Kumbung

Jika sudah mendapat bibit terbaik, selanjutnya anda bisa menyiapkan kumbung di rumah. Kumbung ini adalah bangunan berupa rumah rumah kecil yang biasanya dibuat dari kayu atau bambu. Dalam kumbung kemudian dibuat rak yang menjadi media tempat tumbuhnya jamur. Pastikan kumbung berventilasi, namun tidak terkena air hujan ataupun matahari langsung.

  1. Buat Baglog

Setelah menyiapkan kumbung, anda bisa membuat baglog alias media tanamnya. Baglog tersebut dibuat dari grajen, kapur, dan bekatul. Campur semua bahan dengan tambahan air sekitar 60%, tutup dengan plastik. Campuran dari bahan bahan inilah yang nantinya mengeluarkan jamur tiram.

  1. Memanen Jamur Tiram

Setelah anda menempatkan baglog di rak rak dalam kumbung, biasanya bakal jamur akan muncul setelah 10 hari. Dimana satu baglog dapat dipanen hingga 5 sampai 8 kali apabila perawatannya dilakukan dengan tepat. Dan baglog yang mempunyai bobot sekitar 1kg dapat menghasilkan jamur tiram sebanyak kurang lebih 0,7kg sampai 0,8kg.

Begitulah cara budidaya jamur tiram yang bisa dilakukan di rumah. Peluang bisnis ini tentu patut dicoba, mengingat bahwa jamur tergolong populer di masyarakat Indonesia. Harga jualnya mencapai Rp. 8.000 sampai dengan Rp. 10.000 per kilogramnya, yang mana sekali panen anda bisa menghasilkan 5kg sekaligus.