6 Inspirasi Desain Dalam Rumah Minimalis Terbaik

Sebagian orang banyak menghabiskan waktu di rumah. Bahkan ada yang sampai 20 jam dalam sehari. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan dirumah seperti memasak, bekerja, belajar, santai dan lain-lain. Dan agar aktivitas di dalam rumah menjadi lebih menyenangkan maka kita juga perlu memperhatikan desain interior rumah.

Lalu bagaimanakah cara membuat desain dalam rumah minimalis ini menjadi lebih luas dan nyaman untuk beraktivitas? Langsung saja intip penjelasan mengenai tips desain dalam rumah minimalis dibawh ini.

1. Hindari Menumpuk Terlalu Banyak Barang

Langkah utama yang harus Anda lakukan ketika ingin mendesain interior dalam  rumah agar terlihat lebih luas dan lega yaitu dengan menghindari menumpuk barang. Misalnya menumpuk kardus bekas, buku-buku yang sudah tak terpakai dan lainnya.

Jadi lebih baik Anda pisahkan saja antara barang yang masih trpakai dan yang sudah tak terpakai. Untuk barang yang sudah tak terpakai ini bisa Anda sumbangkan maupun untuk dijual. Hal ini dikarenakan mungkin saja masih ada orang yang membutuhkan buku tersebut.

Dengan begitu tampilan rumah akan terasa lebih luas dan longgar. Apabila rumah terasa lebih luas maka akan membuat penghuni rumah menjadi nyaman untuk beraktivitas.

2. Perhatikan Ukuran Furniture

Dalam pemilihan furniture untuk rumah ini, Anda juga harus mempertimbangkan dua hal. Yang pertama apakah fungsi furniture tersebut sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan harus tetap mengutamakan fungsi dan kebutuhan diatas keinginan.

Kemudian yang kedua yaitu dengan memahami dan mengerti ukuran rumah. Sehingga Anda tak perlu memaksakan memilih furniture dengan ukuran yang besar apabila memang kapasitas ruangannya terbatas.

3. Gunakan Cat Warna Putih

Penggunaan warna putih ini banyak dipercaya akan memberikan kesan yang luas pada ruangan. Untuk itulah Anda bisa manfaatkan pengaplikasiannya pada dinding,lantai, langit-langit, lemari dan lainnya.

Akan tetapi apabila Anda menganggap warna putih ini terlalu membosankan maka bisa juga diganti dengan warna pastel. Contohnya krem atau perpaduan antara warna putih dan hitam.

Kemudian untuk melengkapi desain interior rumah maka perlu juga ditambahkan dengan kaca. Dengan adanya kaca pada bagian pojok rumah maka ruangan akan terasa lebih luas dan lega.

4. Kurangi Sekat Tembok yang Terlalu Banyak

Keberadaan partisi didalam rumah biasanya digunakan sebagai pembatas atau sekat. Bisa juga digunakan untuk pembatas antar ruangan privasi dengan ruang yang banyak diakses orang.

Akan tetapi tahukah Anda jika terdapat sekat yang terlalu banyak maka akan membuat hunian terasa sempit. Pada beberapa rumah dengan gaya minimalis ini untuk area ruang tamunya banyak yang tidak menggunakan sekat. Dan sengaja langsung terhubung dengan ruang keluarga dan ruang makan.

5. Perhatikan Sumber Cahaya

Sering orang melupakan bahwa cahaya matahari di siang hari bisa memberikan efek ruangan menjadi lebih luas. Untuk itulah Anda juga harus bisa memastikan rumah memiliki jendela kaca sebagai tempat untuk masuknya sinar matahari hingga sore hari.

Cahaya matahari tersebut sangat berguna karena bisa menjadi ventilasi udara sehingga pergantian udara menjadi lancar.

6. Gunakan Media Storage di Rumah

Kita seringkali meletakkan barang begitu saja tergeletak di meja. Seperti kunci, buku, topi, dokumen dan lain-lain. Ini akan membuat tampilan rumah menjadi tidak enak dilihat dan kesannya berantakan.

Sehingga Anda juga perlu menyiapkan storage maupun tempat penyimpanan dengan menggunakan box. Kemudian untuk kabel-kabel yang menjuntai bisa gunakan penjepit kabel agar menjadi lebih rapi lagi.

Selain itu pada bagian garasi memesan pintu harmonika surabaya juga bisa membuat tampilan pintu garasi menjadi tampak lebih minimalis.

Itu dia beberapa tips desain dalam rumah minimalis sehingga membuat tampilan rumah terasa lebih nyaman.