Ide Bisnis di Bidang Sosial

Dunia bisnis semakin berkembang pesat akhir-akhir ini. Oleh karena itu banyak orang yang mencoba menjalankan bisnis dalam bidang apapun.Salah satunya yaitu bisnis dalam bidang sosial atau yang dikenal dengan sociopreneur atau social entrepreneur. Akhir-akhir ini bisnis sosial sedang menjadi tren di masyarakat Indonesia.

Lantas apa itu sociopreneur ini? Istilah sociopreneur ini sebenarnya merujuk pada usaha maupun bisnis yang bukan hanya sekedar mengambil keuntungan saja. Namun bisnis ini juga unsur sosialnya juga. Bisnis sosial sendiri merupakan suatu kegiatan usaha yang memiliki kesempatan untuk memenuhi kebutuhan tertentu yang tidak terpenuhi sementara pelakunya mengunpulkan dana yang dibutuhkan.

Terdapat banyak contoh ide bisnis di bidang sosial di Indonesia. Berikut ini beberapa contoh ide yang dapat investordaily berikan kepada Anda:

  • Bisnis Pelatihan Edukasi Wirausaha

Alasan dunia bisnis semakin berkembang  pesat dikarenakan banyak orang yang beralih menjadi seorang pebisnis. Sebab, menjadi wirausahawan atau pebisnis digadang membuat kehidupan pelaku lebih baik. Selain itu,  juga bisa membuka lowongan pekerjaan baru. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sumber daya yang cukup, Anda bisa membuka jasa pelatihan untuk entrepreneur.

Anda tidak harus menggratiskan biaya pelatihan tersebut, tapi Anda bisa membuka jasa pelatihan dengan biaya yang cukup terjangkau. Selain dapat memakmurkan warga sekitar, desa yang ditempati pun semakin maju dalam bidang perekonomian.

  • Bisnis Handicraft Berbasisi Padat Karya

Ide bisnis sosial yang selanjutnya yaitu memproduksi berbagai aksesoris buatan tangan yang sedang sedang menjadi tren atau yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Anda bisa membuat berbagai aksesoris tersebut dari bahan-bahan yang mudah ditemukan. Nah, dalam pembuatan aksesoris tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan para pengrajin lokal.

  • Bisnis Kuliner Bayar Seikhlasnya

Anda juga bisa memulai bisnis sosial Anda dengan berbisnis kuliner. Anda bisa menjalankan bisnis kuliner dengan bayar seikhlasnya untuk orang yang kurang mampu. Sebab, banyak sekali orang-orang disekitar yang kurang beruntung dan ingin mengonsumsi makanan layak makan. Anda bisa membuka rumah makan yang memberikan harga murah atau bahkan gratis.

  • Bisnis Catering Makanan Sehat

Saat ini banyak orang semakin sibuk sehingga tidak sempat untuk menyiapkan makanan untuk mereka sendiri.Nah, disini Anda bisa membuka jasa catering khusus makanan sehat organik. Anda bisa menggunakan bahan dasar sayur dan lauk yang kaya akan nutrisi. Bisnis ini bertujuan untuk menutrisi masyarakat dan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap hidup yang lebih sehat.

  • Bisnis Daur Ulang Sampah

Akhir-akhir ini sampai bisa dikelola menjadi peluang usaha. Anda bisa mengumpulkan berbagai sampah untuk di daur ulang dan dijadikan menjadi barang yang bermanfaat. Selain bermanfaat barang tersebut juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dengan berbisnis daur ulang sampah ini selain mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa berkontribusi menyelamatkan lingkungan.

Dari berbagai ide bisnis di bidang sosial yang diberikan investordaily ini dapat disimpulkan bahwa bisnis sosial tidak hanya memperkaya diri sendiri. Namun, juga dapat mensejahterakan banyak orang. Misalnya para diabel, anak-anak yatim, keluarga kurang mampu, pengangguran, dan lain-lain.Selain mensejahterakan banyak orang, bisnis sosial ini juga dapat merubah lingkungan menjadi bersih.

Namun, sebelum Anda masuk ke dalam bisnis sosial ini, terdapat beberapa sifat yang harus Anda miliki jika Anda ingin menjadi seorang sociopreneur sukses. Sifat-sifat yang harus Anda miliki yaitu sifat kolaboratif yaitu bersikap rama dengan lingkungan sekitar, naluri berwirausaha tinggi, dan pantang menyerah.