Mengulik Lebih Dalam Tentang Cara Memakai Jilbab Yang Baik

Bagi para wanita, mengenakan jilbab menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menutup auratnya. Dalam penggunaannya, Agama islam menganjurkan untuk memakainya dengan syar’i agar bagian tubuh dapat tertutupi. Syar’i disini memiliki maksud dapat menutupi bagian tubuh. Ingin tahu bagaimana cara memakai jilbab yang baik sesuai dengan syariat Islam? Yuk simak informasi lengkapnya disini!

Beberapa Cara Memakai Jilbab Sesuai Dengan Aturan Islam

  1. Menutup Bagian Tubuh

Para muslimah memiliki kewajiban untuk menutup aurat yang dimana meliputi seluruh tubuhnya. Meskipun begitu, masih belum banyak muslimah yang tahu bagaimana cara mengenakan jilbab yang tepat sesuai dengan syariat. Di dalam Al qur’an telah disebutkan beberapa perintah untuk menggunakan hijab bagi para muslimah.

Perintah tersebut salah satunya adalah harus mengenakan hijab dengan cara menutupi bagian bagian tubuhnya. Setiap wanita muslim dianjurkan untuk menutupi seluruh bagian tubuh yakni mulai dari ujung kepala hingga kaki, kecuali telapak tangan dan wajah. Jangan sampai, anggota tubuh anda terlihat oleh orang yang bukan menjadi mahram anda.

  1. Memakai Jilbab Yang Longgar

Cara memakai jilbab yang baik sesuai dengan ajaran islam berikutnya adalah menggunakan jilbab yang longgar. Pada saat ini, masih terdapat banyak orang yang mengenakan hijab belum sesuai dengan syariat islam, contohnya saja seperti hijab yang pendek dan ketat. Sehingga, jilbab yang dikenakan tersebut masih belum bisa menutupi bagian tubuh wanita.

Padahal para muslimah yang mengenakan hijab sesuai dengan aturan, masih bisa terlihat stylish. Pasalnya, saat ini telah banyak bermunculan produsen pakaian dan hijab muslim yang mendesain sesuai dengan perkembangan trend fashion. Dengan adanya hal tersebut, anda dapat dengan mudah menemukan dan membeli hijab syar’i yang kekinian.

  1. Pilihlah Jilbab Yang Bahannya Tidak Tembus

Di zaman rasulullah terdahulu, para wanita muslim selalu memakai busana yang berbahan tebal, sehingga bahan tersebut tidak dapat tembus pandang. Memilih jilbab dengan bahan yang tebal dan tidak tembus pandang merupakan cara memakai jilbab yang baik berikutnya. Jadi, saat akan membeli hijab, anda juga perlu untuk memperhatikan bahan kain yang digunakan.

Pastikan anda membeli hijab dengan bahan kain yang tebal dan lembut. Apabila anda memilih bahan kain hijab yang lembut, maka hijabi tersebut akan semakin fleksibel saat digunakan. Sehingga, kerudung yang digunakan akan nyaman dan tidak menyulitkan anda untuk melakukan aktivitas sehari hari, contohnya saja seperti saat makan, bertemu dengan teman, hingga aktivitas yang lainnya.

  1. Modelnya Tidak Berlebihan

Dalam ajaran Agama Islam, kesederhanaan selalu diajarkan dalam beberapa hal,  begitu pula saat mengenakan hijab. Untuk mengenakan hijab yang benar sesuai dengan syariat, ada baiknya jika anda memilih model hijab yang tidak berlebihan. Pasalnya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik di dalam ajaran agama.

Memilih jilbab yang sederhana merupakan cara memakai jilbab yang baik selanjutnya. Biasakan untuk menggunakan jilbab yang sederhana dan tidak terlalu berlebih lebihan. Sebab, jika anda menggunakan jilbab mewah dan berlebihan bisa menimbulkan rasa  kecemburuan antar sesama muslim yang dapat mendatangkan dampak buruk kepada anda sendiri.

Istilah deretan informasi mengenai cara untuk memakai jilbab dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran agama. Dengan adanya informasi tersebut semoga dapat anda jadikan referensi saat ingin mengenakan hijab dengan benar. Sehingga, anda bisa menutupi dan menjaga aurat anda terhadap orang orang yang bukan menjadi mahram anda. tunik